Sabtu, 19 April 2014

Tentukan Passionmu, Bunuh Gengsimu!

Ujian Nasional untuk siswa SMA akan dimulai minggu depan, ujian penentuan kelulusan ini akan digelar selam 4 hari dari tanggal 14 sampai 17 April 2014. Setelah menjalani Ujian Nasional tidak ada waktu berleha-leha bagi siswa SMA sebab memasuki gerbang perguaran tinggi, yang menjadi cita-cita selama ini harus  segera diwujudkan. Berlatih kemudian menjadi hal utama yang harus dikerjakan, bukan menyia-nyiakan waktu dengan hal yang kurang penting dengan berangkapan akan lulus SNMPTN jalur undangan.
Mengenai pemilihan tempat studi selanjutnya pasti semua siswa-siswi tahun akhir di SMA telah memiliki pilihan masing-masing dan sebelumnya juga telah mengisi pilihan universitas dan program studi pada pendaftaran online SNMPTN undangan 2014. Tapi berjaga-jaga apabila nanti tidak diterima di SNMPTN undangan, ada beberapa hal yang harus dicatat oleh calon peserta.
Masuk ke perguruan tinggi atau diterima di salah satu prodi tertentu adalah hal yang memang patut disyukuri. Karena, karena tidak semua orang memiliki nasib serupa dan seberuntung kita. Tapi ketika kita telah masuk dan memilih program studi tertentu, pastikan itu sesuai dengan minat dan passion kita. Jangan sampai kita memilih suatu program studi hanya karena program studi itu populer, passing grade-nya tinggi atau peminatnya banyak. yang kita butuhkan bukanlah perkataan atau ucapan 'hebat' dari orang lain tapi membuktikan kehebatan kita melalui passion yang kita miliki.
Berbagai perguruan tinggi menyediakan banyak sekali program studi yang menarik dan sangat menggiurkan dari mulai pendidikan, teknik, sains, kedokteran, ekonomi, sastra dan berbagai bidang ilmu lainnya. tapi sekali lagi tentukanlah pilihanmu sesuai dengan passion bukan karena gengsi. Karena kita akan merasakan hal tersebut adalah ketika kita mulai memasuki program studi. Mungkin kemampuan kita bisa menembus passing grade yang dibuat oleh perguruan tinggi tapi pikirkanlah kembali apa kita bisa menikmati apabila itu tidak sesuai dengan kata hati. Mungkin untuk satu dua semester kita bisa berbohong dengan diri sendiri, tapi seiring berjalannnya waktu kita pasti akan sadar dengan realita yang telah kita lewati. Jangan sampai kita menyesal dan beru menyadari setelah begitu banyak hal telah kita lewati.
Untuk teman-teman yang akan melanjutkan program studi ke jenjang perguruan tinggi, harap kembali mewanti-wanti mengenai pemilihan jurusan ini. Mungkin ini sepele, tapi ketika kita tidak bisa mengendalikan hal kecil dan detail, kelak ini lah yang akan membuat kita tersandung dalam menjadi retorika kehidupan ini.
Sekali lagi kepada teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan tinggi, semoga sukses dan diterima di perguruan tinggi harapan anda. Kembali renungi apa yang ingin anda capai, perubahan apa yang ingin anda buat, apa yang membuat anda bahagia dan merasa berarti, kenalilah passion anda. Jangan sekali kali memilih karena gengsi. Selamat berjuang!!!. [FSN]

0 komentar:

Posting Komentar